021-5578 2290, +62811990745, +6285107284335 apgemilang@gmail.com

Proses Coating Epoxy Lantai

Proses coating epoxy lantai / proses epoxy floor coating dimulai dari tahapan persiapan permukaan lantai yang maksimal oleh kontraktor jasa epoxy lantai berpengalaman untuk mendapatkan hasil cat epoxy lantai yang sempurna.

Untuk hasil pengecatan epoxy lantai yang sempurna perlu diperhatikan beberapa hal antara lain:

Kondisi lantai perlu dicek untuk mutu beton atau kondisi keramik, apakah ada retak atau pecah pada permukaan lantai concrete atau keramik. Mutu beton yang disarankan adalah min. 300K. Jika ada kerusakan maka perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum dilakukan epoxy flooring.

Berikut ini adalah beberapa gambar tahapan pekerjaan jasa pengecatan epoxy lantai :

Persiapan permukaan jasa epoxy lantai Jasa epoxy lantai - pendempulan lantai yang retak Jasa epoxy lantai - Aplikasi epoxy primer
Jasa epoxy lantai - Aplikasi epoxy body coat Jasa epoxy lantai - Hasil finishing epoxy lantai

Berikut adalah video proses coating epoxy lantai / proses epoxy floor coating  yang dikerjakan oleh kontraktor jasa epoxy lantai berpengalaman.

Cat epoxy menawarkan cara yang relatif murah dan mudah bagi pemilik rumah / kantor / pabrik untuk mengubah penampilan lantai lama. Contohnya garasi lama yang tampak suram akan menjadi garasi baru yang indah setelah dicoating dengan cat epoxy lantai. Sebelum proses pengecatan epoxy lantai, perlu dilakukan persiapan permukaan lantai. Tujuan persiapan permukaan lantai adalah agar cat dapat menempel dengan baik pada permukaan beton.

Apapun jenis cat yang digunakan, jika permukaan lantai tidak disiapkan dengan baik sebelum aplikasi, maka akan timbul masalah yang signifikan dengan adhesi / kelekatan antara cat dan permukaan lantai. Persiapan permukaan lantai yang baik akan memberikan keuntungan pada hasil akhir cat epoxy yang lebih tahan lama dibandingkan jika pengecatan epoxy dilakukan tanpa memperhatikan persiapan permukaan lantai.

Untuk mencapai hasil pengecatan epoxy yang sempurna dan terhindar dari resiko cat mengelupas / chipping, berikut beberapa teknik persiapan permukaan sebelum proses pengecatan lantai:

  • Pastikan bahwa ruangan cukup terang, sehingga terlihat jelas apa saja yang ada di permukaan lantai yang akan dicat.
  • Gunakan kape / pisau dempul logam untuk mengikis lumpur / tanah yang melekat, tetesan cat atau kotoran umum dari lantai.
  • Oleskan degreaser / bahan kimia penghilang minyak untuk setiap area di mana mungkin terdapat minyak ataucairan lain yang berasal dari mobil / mesin. Gunakan sikat kasar untuk menguraikan cairan.
  • Gunakan mesin semprot bertekanan untuk membilas area yang terkena. Ulangi langkah kedua sampai seluruh arealantai benar-benar bebas dari minyak.
  • Gunakan mesin semprot bertekanan untuk pembersihan keseluruhan lantai. Jika diperlukan, atur tekanan lebih tinggi untuk menghilangkan kotoran atau lumpur dari daerah tertentu. Atur tekanan lebih rendah untuk membilasseluruh permukaan lantai.
  • Biarkan lantai benar-benar kering sebelum melanjutkan. Bila dirasakan lantai masih kurang bersih, maka dapat dipakai bahan kimia tertentu agar lantai yang akan dicat benar-benar bersih dan permukaannya agak kasar.

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang cara kerja epoxy lantai.