021-5578 2290, +62811990745, +6285107284335 apgemilang@gmail.com

Pengertian Epoxy

Epoxy adalah suatu bahan kimia yang merupakan salah satu jenis resin yang diperoleh dari proses polimerisasi dari epoksida. Epoxy resin bereaksi dengan beberapa bahan kimia lain seperti amina polifungsi, asam serta fenol dan alcohol, umumnya dikenal sebagai bahan pengeras atau hardener. Setelah dicampur, epoxy dan hardener akan berubah dari cair ke padat dan menjadi sangat kuat, tahan suhu tinggi tertentu dan memiliki ketahanan kimia yang tinggi.

Epoxy adalah resin thermosetting karena mereka bereaksi atau curing dengan menghasilkan panas internal dan mampu membentuk ikatan molekul yang erat dalam struktur crosslinking polimer.

Epoxy banyak digunakan terutama sebagi perekat / lem dan coating / cat.

Epoxy resin mungkin lebih banyak dikenal karena sifat adhesi yang dimilikinya tetapi mereka juga sangat baik untuk melindungi logam, kayu, baja, beton, kaca, dan beberapa plastik sebagai cat atau coating dengan membentuk lapisan yang sangat keras. Epoxy resin juga digunakan untuk menghasilkan cetakan, model, tuangan / hasil cor dan perlengkapan lain. Epoxy resin akan terurai di bawah sinar matahari atau UV. Jika Anda berencana untuk menggunakan epoxy resin pada luar ruangan sangatlah penting untuk menutup lapisan cat epoxy dengan lapisan cat polyurethane atau pernis.

Epoxy pertama kali dirumuskan pada tahun 1930-an di Amerika Serikat dan Swiss, kemudian dilakukan pengembangan lebih lanjut. Selanjutnya epoxy diproduksi sebagai perekat atau lem (lem epoxy) pada tahun 1946 dan sebagai pelapis atau cat pada tahun 1947, yang kemudian pelapis atau cat epoxy ini semakin dikembangkan kualitasnya dan makin ramah terhadap lingkungan.

Berikut adalah beberapa masalah umum yang seringkali muncul ketika mencampur epoxy resin dengan hardener beserta kemungkinan penyebab dan solusinya:

1) Cat epoxy hasil campuran Epoxy resin ini terkadang sangat lengket.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kesalahan pencampuran. Mungkin perbandingan / rasio antara resin dan hardener tidak tepat atau komposisi dua bahan yang dicampur tidak sesuai.

Hal ini sangatlah sulit untuk diperbaiki. Anda harus menghapus semua cat epoxy hasil campuran epoxy resin dan hardener yang telah diaplikasikan dari permukaan substrat. Pengamplasan mungkin akan membantu untuk benar-benar menghapusnya, penggunaan pelarut kimia tidak akan benar-benar bekerja untuk menghilangkan sisa-sisa campuran epoxy resin tersebut. Anda perlu mempergunakan peralatan yang tepat dan setelah Anda selesai menghapusnya bersihkan sekali lagi permukaan substrat dengan menggunakan aceton.

2) Hasil aplikasi cat epoxy terdapat beberapa bintik lembut kotoran di seluruh permukaannya.

Masalah ini kemungkinan besar terjadi karena adanya pencampuran yang tidak tepat. Epoxy resin memerlukan komposisi campuran yang sangat tepat. Untuk memperbaiki tampilan cat epoxy seperti ini, Anda harus menghapus seluruh lapisan dari campuran epoxy resin dengan hardener kemudian bersihkan dengan aceton.

3) Adanya gelembung udara atau bubble pada lapisan film epoxy resin yang telah bercampur dengan hardener.

Selama proses pencampuran umumnya terdapat udara yang terperangkap. Tetapi hal itu dapat diatasi dengan menghilangkan atau membuang udara sebelum campuran epoxy resin dan hardener mengering sempurna.

Beberapa persamaan nama atau istilah tentang kata epoxy / epoksi yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut :

  • Epoxy resin
  • Epoxy polimer
  • Epoxy coating
  • Cat epoxy
  • Epoxy flooring

Jadi pengertian epoxy sebagai bahan dasar cat epoxy lantai adalah sebagai berikut:

Epoxy adalah bahan kimia yang memiliki rangkaian polimer yang dimulai sebagai cairan dan secara reaksi kimia berubah menjadi padat. Polimer epoxy berbasis mekanis kuat, memiliki sifat kimia tahan terhadap degradasi dari unsur-unsur kimia dalam bentuk padat, dan memiliki daya rekat yang tinggi selama perubahan konversi dari bentuk cair ke padat. Ada berbagai bahan kimia dasar dalam resin epoksi yang juga memiliki beberapa sifat yang berbeda dan tentunya juga memiliki kelebihan dan kegunaan yang berbeda pula.