021-5578 2290, +62811990745, +6285107284335 apgemilang@gmail.com

Cat Lantai Polyurethane

Polyurethane floor coating / cat lantai polyurethane adalah cat lantai yang komponen utamanya memakai resin polyurethane / material PU.

Cat berbahan dasar resin polyurethane ini sering disebut sebagai cat PU, dibedakan dalam dua kelompok cat PU yaitu PU thermosetting dan PU termoplastik. Kedua jenis resin PU ini memiliki beberapa karakteristik dan ketahanan yang berbeda seperti halnya ketahanan terhadap bahan kimia baik yang bersifat asam atau alkali encer.

Polyurethane floor coating merupakan salah satu pelapis lantai yang populer. Beberapa sifat baik yang dimilikinya antara lain:

  • memiliki daya rekat atau adhesi yang cukup baik
  • memiliki ketahanan yang baik terhadap penyusutan
  • memiliki fleksibilitas yang tinggi
  • proses curingnya relatif lebih singkat
  • memiliki ketahanan abrasi / ketahanan gesek yang bagus
  • memiliki ketahanan yang baik terhadap bahan kimia
  • tahan terhadap sinar matahari atau cuaca luar
Cat lantai polyurethane Cat lantai Polyurethane untuk lapangan basket

Cat dengan kandungan resin polyurethane ini akan menghasilkan lapisan cat lantai yang sempurna bila diaplikasikan pada permukaan lantai beton yang kering. Kondisi area permukaan lantai beton yang lembab akan menghambat proses pengerasan / proses curing dari sistem cat PU dua-komponen ini dan biasanya bisa menyebabkan cat tersebut akan mengelupas. Hal ini disebabkan karena udara lembab yang ada bereaksi dengan resin Polyurethane dan akan menghasilkan gas karbon dioksida.

Cat lantai dengan material PU Cat lantai dengan material PU

Cat PU umumnya dikenal dalam dua jenis yaitu:

  1. Cat PU / Polyurethane floor coating 1 komponen

Cat Polyurethane floor coating / cat lantai polyurethane 1 komponen ini terbagi lagi menjadi dua:

–   Cat lantai polyurethane 1 komponen larut dalam air atau water based

Cat lantai polyurethane satu komponen ini memiliki ketahanan dan kinerja yang kurang baik dibandingkan dengan cat lantai epoxy water based yang banyak dipakai untuk berbagai aplikasi. Cat PU umumnya mahal dan sangat sensitif jika diaplikasikan dalam kondisi yang lembab.

–      Cat lantai polyurethane 1 komponen larut dalam solvent atau solvent base

Cat lantai polyurethane satu komponen memiliki kesulitan dan keterbatasan dalam aplikasinya. Adhesi yang baik dapat dicapai jika dilakukan persiapan permukaan dengan sangat baik dan kondisi kelembaban pada concrete sangat minim. Cat lantai polyurethane satu komponen berbasis solvent ini mengandung VOC tinggi yang akan menguap selama proses aplikasi karena itu tidak disarankan penggunaannya di dalam ruangan. Sebaiknya dibatasi penggunaannya untuk area luar ruangan saja. Kelebihan cat PU solvent based 1 komponen ini adalah mempunyai ketahanan abrasi dan ketahanan kimia yang baik terhadap cairan berbasis hydrocarbon.

  1. Cat PU 2 komponen (cat dasar polyurethane dan komponen pengeras atau hardener)

Jenis polyurethane floor coating yang mengandung dua komponen memiliki kelebihan pada ketahanan terhadap bahan kimia yang lebih baik serta memiliki penampilan yang lebih baik pula. Selain itu cat jenis ini bisa secara langsung diaplikasikan langsung ke permukaan benda atau substratnya. Tetapi cat PU 2 komponen ini memiliki kelemahan dalam hal harga yang tinggi atau biaya lebih besar yang harus dikeluarkan.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut soal polyurethane floor coating ini, silahkan menghubungi kami untuk berdiskusi secara langsung dengan tenaga ahli kami baik melalui telepon maupun kunjungan secara langsung ke area property Anda yang akan mendapatkan pengecatan polyurethane floor coating ini.